Perlukah Konsumsi Suplemen Probiotik untuk Kesehatan Tubuh?

Kamu tentu sering mendengar perihal probiotik alias bakteri baik yang terkandung secara alami di makanan atau minuman, kan? Selain itu, ada suplemen probiotik yang diklaim bermanfaat bagi kesehatan. Pertanyaannya, perlukah kami mengkonsumsi suplemen probiotik tiap tiap hari?

Probiotik sebagai suplemen ada dalam wujud makanan, minuman, kapsul atau pil, bubuk, maupun cair. Kamu mampu mendapatkannya di supermarket dan apotek.

Menurut web Cleveland Clinic, tipe bakteri yang biasa digunakan adalah Lactobacillus atau Bifidobacterium. Bakteri selanjutnya biasanya dikeringkan bersama dibekukan, tapi senantiasa hidup. Ketika suplemen diminum, probiotik bakal menghangat di sistem pencernaan dan jadi aktif Suplemen yang biasanya diminum .

Untuk menjawab apakah anda perlu mengkonsumsi suplemen probiotik atau tidak, yuk, baca penjelasan berikut!

Alasan Perlu Mengonsumsi Suplemen Probiotik

alasan perlu mengkonsumsi suplemen probiotik

Perlunya mengkonsumsi suplemen probiotik sesungguhnya tetap dalam perdebatan. Beberapa pakar medis mengatakan tidak masalah, tapi ada pula yang tidak cukup menyetujui dikarenakan dirasa manfaatnya tidak lebih besar daripada kerugiannya.

Lantas, jika dicermati dari sisi positifnya, apa saja manfaat mengkonsumsi suplemen probiotik?

1. faedah Probiotik

Penelitian yang dilaksanakan oleh ISRN Nutrition berjudul Health Benefits of Probiotics: A Review mengatakan suplemen probiotik bagus untuk kesehatan pencernaan, memperkuat sistem imun dan kurangi frekuensi pilek dalam setahun, menurunkan berat badan, hingga kurangi risiko kanker.

2. Lebih Jelas Dosisnya

Dosis dan tipe probiotik dalam makanan tidak diketahui, berlainan bersama di suplemen yang tertulis jelas. Menurut web Harvard Health Publishing, biasanya dosis probiotik untuk orang dewasa adalah 5-10 miliar CFU (colony-forming units, satuan untuk memperkirakan jumlah bakteri hidup dalam sebuah sampel). Kamu mampu meminum satu dosis probiotik per hari.

3. Mencegah Efek Buruk Antibiotik harga utsukushii afc

Probiotik sering diminum bersama antibiotik. Apa alasannya?

Antibiotik seringkali diperlukan untuk melawan infeksi. Namun yang dibunuh bukan cuma bakteri tidak baik, tapi terhitung bakteri baik. Bakteri tidak baik lantas mengambil alih alih dan mendiami usus. Beberapa orang pun mengalami diare setelah minum antibiotik.

Probiotik berperan memberikan bakteri baik kembali ke usus dan melawan bakteri tidak baik sehingga timbul keseimbangan microbiome usus. Menambahkan probiotik mampu membuatmu lebih cepat pulih dan mencegah diare.

Hal ini dibuktikan melalui belajar yang dimuat di jurnal Gut Microbes pada 10 Maret 2016. Percobaan mengutarakan pengaruh meminum probiotik bersama antibiotik atau selama masa pemulihan setelah dukungan antibiotik.

Peneliti menemukan bahwa probiotik tidak mengolonisasi usus sendiri atau merubah keragaman microbiome usus secara menyeluruh. Namun, suplemen probiotik secara penting merubah tipe bakteri yang ada.

Khususnya pada fase pemulihan, probiotik menekan perkembangan Enterobacteriaceae (Shigella dan Escherichia) sekaligus mendorong perkembangan Firmicutes, lebih-lebih tipe Anaerotruncus. Ini mengindikasikan bahwa probiotik miliki kapasitas penting untuk merombak microbiome individu yang tengah memulihkan diri dari terapi antibiotik.

Perlukah Konsumsi Suplemen Probiotik untuk Kesehatan Tubuh?

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *